Polda Kalbar Gandeng Instansi Terkait Dalam Penanganan Karhutla

PONTIANAK, KALBAR -MonitorIndo.com- Kasatgas Ops Preemtif Bina Karuna Kapuas 2022 Kompol Alfan menjadi narasumber pada Program Siaran Dialog Interaktif bersama RRI Pontianak, Selasa (22/3).

Dialog interaktif tersebut membahas tentang “Kesiap Siagaan Polri Dalam Karhutla”.

Dalam petikan wawancara tersebut Kasatgas Ops Preemtif Bina Karuna Kapuas 2022 Kompol Alfan mengatakan, dalam mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan ini, Polda Kalbar menggelar Operasi Bina Karuna Kapuas 2022.

“Dengan adanya operasi ini Polda Kalbar mengajak instansi terkait secara bersama-sama menangani Karhutla di wilayah Kalimantan Barat,” ungkapnya.

Upaya Preemtif dan Preventif sudah dilaksanakan, memberikan edukasi kepada masyarakat akan bahaya serta dampak dari kebakaran hutan ini.

“Serta dilakukannya sosialiasasi secara door to door,” jelasnya.

Menurutnya, kalau bisa membuka lahan itu tidak dengan cara dibakar, karena akan berdampak kepada lahan yang lain serta masyarakat sekitar.

“Apabila sudah terjadi kebakaran akan lama memadamkannya, karena Kalimantan Barat memiliki lahan gambut,” ujar Alfan.

Merubah mindset masyarakat dari yang dulunya membuka lahan dengan cara dibakar. Sekarang dengan cara lainnya seperti membuat sekat kanal dan pembakaran terbatas.

Polda Kalbar juga memiliki Posko Karhutla dengan menggandeng instansi terkait, sehingga masyarakat melihat adanya titik api segera melapor dan akan segera di tindaklanjuti.

Peran semua masyarakat itu sangat penting, dalam membantu terhadap kebakaran hutan dan lahan.

“Mari kita upayakan bersama pencegahan kebakaran hutan dan lahan, karena dampak karhutla sangat merugikan kita bersama,” tutupnya
(JN)