Petani Pinang Merasa Bangga Dengan Kedatangan Satgas TMMDN

0
0

Lima Puluh Kota Monitorindo com

Dalam rangka mendorong prospek komoditi Pinang di wilayah Lokasi TMMD ke 111, Personil Satgas TMMD Serda Taryana Kodim 0306/50 Kota melakukan pendampingan kepada petani pinang di Nagari Talang Maur, Kecamatan Mungka, Kabupaten 50 Kota, dalam membersihkan dan merawat tanaman Pinang, Kamis (24/06/2021).

Dalam pendampingannya ini, Personil Satgas TMMD berkesempatan berbagi ilmu tentang budidaya tanaman pinang agar dapat berbuah lebat dengan memahami syarat tumbuh tanaman pinang yang dimulai dari penyiapan lahan, proses tanam, pemupukan dan juga perawatan seperti saat ini.

Dalam proses pemupukan, tanaman pinang harus dilakukan dengan benar dan sesuai dosis, Disini kami menyarankan untuk melakukan pemupukan menggunakan pupuk organik, dengan tujuan agar pupuk yang diserap tanaman bisa memenuhi kebutuhan tanaman, namun tidak merusak keseimbangan ekosistem didalam tanah.

Selain pemupukan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebagai upaya dan cara merawat tanaman pinang agar berbuah lebat. Mulai dari penyiangan, pemangkasan, penyiraman hingga pengendalian hama dan penyakit. Dengan begitu, pertumbuhan dan perkembangan tanaman bisa optimal, sehingga produksinya pun juga nantinya akan meningkat, ujar Serda Taryana.

Dengan kegiatan pendampingan dari Personil Satgas TMMD ke 111 Kodim 0306/50 Kota, di Nagari Talang Maur, Pak Husni selaku pemilik lahan berharap agar para petani di Nagari Talang Maur ini tetap bersemangat dalam bertani, guna meningkatkan produktivitas tanaman pinang. (pendim). Red Sy T