Perta Shop Bentuk Pengelolaan Bumdes Desa Gintung Cilejet, Yang Pertama Untuk Kab. Bogor

0
9

Parung Panjang, monitorindo.com- BUMDes adalah badan hukum yang didirikan oleh desa dan/atau bersama desa-desa guna mengelola usaha, memanfaatkan aset, mengembangkan investasi dan produktivitas, menyediakan jasa pelayanan, dan/atau menyediakan jenis usaha lainnya untuk sebesar-besarnya kesejahteraan masyarakat Desa.

Regulasi tersebut adalah Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 11 Tahun 2021 (PP 11 Tahun 2021) tentang Badan Usaha Milik Desa yang ditandatangani Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada 2 Februari 2021

Perta Shop adalah bentuk badan usaha dari Bumdes Desa Gintung Cilejet, Kecamatan Parung Panjang, Kabupaten Bogor. yang diresmikan oleh Camat Parung Panjang dengan dihadiri oleh Muspika Kecamatan Parung Panjang seperti Kasi Ekbang, Kepala Desa Gintung Cilejet, Sekdes, Ketua BPD, Ketua Bumdes, Babinsa, Binamas, Kaur Kesra, Karang Taruna serta para Tokoh Masyarakat. 

Camat Parung Panjang, Ichang Aliyudin, mengatakan, bahwa Bumdes Gintung Cilejet yang  berbentuk Perta Shop ini merupakan Perta Shop pertama di Kabupaten Bogor didirikan, tentunya untuk bisa memberikan pelayanan kepada masyarakat dalam hal pengisian bahan bakar kendaraan bermotor baik roda dua maupun roda empat. 

” SPBU Mini yang bernama Perta Shop yang didirikan oleh BUMDES Desa Gintung Cilejet merupakan Perta Shop pertama yang ada di Kabupaten Bogor ini, dimana kebaradaan Perta Shop ini bisa menyerap tenaga kerja lingkungan,” ucap Ichang, saat dikonfirmasi awak media. Jumat (12/11/2021).

Hal ini juga di akui Dedi Suharto. SE, Kasi Ekbang Kecamatan Parung Panjang, menilai bahwa alokasi pembangunan Perta Shop murni diambil dari anggaran BUMDES, yang jauh sebelumnya sudah direncanakan oleh Pemdes,BPD serta Bumdes Desa Ginttung Cilejet.

” ini menjadi cerminan bagi desa desa lainnya yang ada di Kabupaten Bogor untuk berdaya saing dalam memajukan perekonomian warganya,” papar Dedi.

Sementara Komarudin atau biasa disapa Komar, ketua Bumdes Gintung Cilejet, menyebutkan keberadaan Pertashop yang dikelola oleh Bumdes yang bergerak dibidang Bahan Bakar Minyak (BBM) merupakan program kerja yang sudah direncanakan dari jauh hari bersama dengan perangkat desa.

” ini Perta Shop pertama yang dikelola oleh Bumdes untuk Kabupaten Bogor, dimana semua perangkat serta areanya dikelola murni oleh Bumdes Desa Cilejet,” ungkap Komar, kepada awak media saat lounching Perta Shop.

Atin, Kasie Ekonomi dan Pembangunan (Ekbang) Desa Cilejet, menilai bahwa pihaknya sangat bersyukur berdirinya Perta Shop yang dikelola oleh pihak Bumdes, mengingat sudah lama hal ini direncanakan oleh pihak Bumdes bersama Pemdes Cilejet.

” Area yang digunakan untuk Perta Shop ini adalah milik Perumka, dimana kami bersama Bumdes menyewanya, karena area ini dinilai sangat strategis dan bagus, apalagi area Perta Shop ini jauh dari SPBU,” jelas Atin, menutup pembicaraanya. (Fatah)