LOGO RESMI HUT KOTA BEKASI KE-25 TAHUN 2022

0
1

KOTA BEKASI -MonitorIndo.com Pemerintah Kota Bekasi melalui Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian mengumumkan secara resmi pemenang lomba logo HUT Kota Bekasi ke-25 Tahun 2022 sebagai logo resmi dalam perayaan tahun perak Kota Bekasi. Senin, (21/02/2022).

Pada gelaran lomba kali ini tercatat sebanyak 310 peserta terdaftar dalam lomba logo tahun perak Kota Bekasi. Setelah melalui proses penjurian yang ketat, mulai dari proses eliminasi untuk memilih 45 besar peserta, kemudian diseleksi lagi menjadi 15 peserta hingga terpilih 5 besar finalis dan penentuan pemenang logo utama.

Tidak hanya sebagai simbol dari sebuah peringatan hari jadi Kota Bekasi, desain logo ini memiliki filosofis yang merepresentasikan harapan dan semangat baru bagi Kota Bekasi, dan dinilai sesuai dengan tema hari jadi Kota Bekasi ke-25 Tahun 2022 yaitu “KEBANGKITAN DAYA SAING EKONOMI SEBAGAI PERWUJUDAN TAHUN PERAK MELALUI PENGEMBANGAN INDUSTRI KREATIF”

Logo berkonsep yang cukup sederhana namun penuh makna dalam mendefinisikan Kota Bekasi sebagai Kota Kreatif yang Ihsan, sebuah visi pembangunan jangka panjang yang menjadi pemicu semangat Kota Bekasi untuk terus berkembang dan senantiasa bangkit memajukan perekonomian di Kota Bekasi pada masa New Normal setelah melewati pandemi yang cukup berdampak pada perekonomian.

Logo juga merepresentasikan semangat kepada pemerintah dan masyarakat Kota Bekasi untuk terus memberikan inovasi-inovasi sebagai perwujudan Tahun Perak melalui pengembangan industri kreatif untuk kesejahteraan bersama.

Adapun makna dari anatomis logo tersebut meliputi:

• PERTUMBUHAN EKONOMI Simbol anak panah keatas merupakan Representasi Kota Bekasi yang berdaya saing tinggi dan senantiasa mempertahankan struktur ekonomi yang kokoh dan kompetitif, sehingga terwujudnya pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.

• SEMANGAT, PROGRESIF Ilustrasi figur yang sedang melompat merefleksikan semangat pemerintah, masyarakat beserta stakeholder pada tahun perak (25 Tahun usia Kota Bekasi) dalam membangun Kota Bekasi menjadi kota yang maju dan modern dengan masyarakatnya yang sejahtera.

• KREATIF Angka 25 yang cukup unik dengan keterbacaan yang jelas sebagai identitas Hari Ulang Tahun Kota Bekasi. Angka yang tersusun oleh aksen lekukan yang dinamis menggambarkan inovasi-inovasi yang dilakukan dalam rangka mewujudkan pertumbuhan ekonomi dan perkembangan industri kreatif.

• KOTA IHSAN, RELIGIUS Tugu Perbatasan dan Tugu Pahlawan menjadi Identitas Kota Bekasi sebagai Kota Patriot. Tugu Bambu Runcing yang menjulang tinggi keatas melambangkan hubungan antara manusia dengan Tuhannya. 5 Pilar pada ilustrasi Monumen Tugu Pahlawan sebagai symbol Rukun Islam. 2 Tugu Perbatasan menjadi symbol 2 pegangan hidup seorang muslim yaitu Al-Qur’an dan Sunnah. Kesemua symbol tersebut berposisikan dibawah mencerminkan pondasi dari seorang muslim yang taat dan religious agar dapat mencapai kesuksesan di dunia maupun di akhirat nanti.

• KOMPOSISI WARNA Gradasi Biru Muda – Biru Tua Simbol kepercayaan, keamanan, loyalitas dan tanggung jawab. Biru juga memiliki arti kedamaian, percaya diri dan kejujuran merepresentasikan Kota Bekasi sebagai Kota yang damai, aman dan tentram. Gradasi Hijau Muda – Hijau Tua Simbol kehidupan, kesehatan, harapan dan kemakmuran. Menggambarkan Kota Bekasi yang makmur, sehat dan sejahtera. Gradasi Kuning – Merah Simbol keberanian, semangat dan kreatifitas. Sejalan dengan tema dan Visi Kota Bekasi untuk terus memperjuangkan Kota Kreatif yang Ihsan.

Dani Nugraha dari Kabupaten Bandung Barat dikukuhkan sebagai Pemenang Utama Lomba Desain Logo HUT Kota Bekasi Ke-25 Tahun 2022. Karya Dani ini secara kumulatif telah mendapatkan poin tertinggi dari keseluruhan penilaian Dewan Juri baik dari sisi orisinalitas/keaslian karya, relevansi tema, estetika, pengaplikasian di media dan presentasi karya di depan Dewan Juri.

“Saya selaku anggota dewan juri mengucapkan selamat kepada Dani Nugraha dari Kabuaten Bandung Barat, yang karya logonya berhasil terpilih menjadi Pemenang Utama dari lebih 310 logo yang dikirimkan kepada Panitia.” Ungkap Agus Hendrawan, sebagai salah dewan juri Lomba Desain Logo HUT Kota Bekasi Ke-25 Tahun 2022..

Ucapan selamat juga disampaikan Ketua Tim Juri logo tahun perak HUT Kota Bekasi Tahun 2022, M. Harun Alrasyid dari Universitas Islam 45 Bekasi kepada peraih Juara Utama. “Karya Dani Nugraha menarik, bermakna, mudah dipahami dan memberikan nuansa baru dalam identitas logo HUT Kota Bekasi, menunjukkan bahwasannya kreatifitas bisa memberikan nilainilai dan semangat baru untuk Kota Bekasi menuju Creative City, menarik.” Tungkasnya.

Selamat Gunawan, Kepala Bidang Pengelolaan Informasi Publik (PIP) Diskominfostandi Kota Bekasi menyampaikan apresiasinya kepada para peserta. “Terimakasih banyak kepada seluruh insan kreatif yang tersebar dari berbagai daerah di Indonesia yang telah mengirimkan karya terbaiknya dalam peringatan tahun perak HUT Kota Bekasi tahun ini, saya juga ucapkan selamat kepada para pemenang logo, mudah-mudahan prestasi yang telah berhasil diraih bisa menjadi motivasi dalam mengikuti ajang-ajang serupa di berbagai tempat lainnya.”

Lima logo terbaik yang terpilih berhak mendapatkan total hadiah sebesar 21 juta rupiah yang terdiri dari Juara Utama Logo, Juara Favorit, Juara Harapan 1, Juara Harapan 2 dan Juara Harapan 3. Adapun para pemenangnya adalah: 1. Juara Utama : Dani Nugraha dari Kabupaten Bandung Barat; 2. Juara Favorit : Eko Budi dari Kabupaten Cirebon; 3. Juara Harapan 1 : Sidik Prasetiyo dari Kabupaten Kalimantan Selatan; 4. Juara Harapan 2 : Algi Ramdhan Pangestu dari Kota Bekasi; 5. Juara Harapan 3 : Nugroho dari Kabupaten Wonosobo.

(SH)