Kiprah Bagi Transformasi Sektor Kesehatan, Ini Figur Wanita Pertama Penerima Marketeer of The Year 2021

Jakarta, Monitorindo.com – Event marketing terbesar di Asia, MarkPlus Conference 2022 kembali hadir memeriahkan dunia pemasaran di Indonesia pada 8-9 Desember 2021. Keterbatasan tatap muka tak menghentikan semangat para pemasar untuk berbagi wawasan mengenai pemasaran lintas sektoral. Disiarkan OMNI, offline secara terbatas dan online melalui Marketeers TV, acara ini juga dimeriahkan dengan booth di Food Society, Kota Kasablanka. Rabu (8/12/2022).
dr. Fathema Djan Rachmat menerima penghargaan Marketeer of The Year 2021 pada acara MarkPlus Conference 2022
Mengusung tema Business Revival Toward The Endemic: Post Normal Marketing for 2022 and Beyond, para pemasar di tahun ini didorong untuk melakukan inovasi bisnis, memahami perubahan yang ada dan mencari cara beradaptasi demi pemulihan ekonomi Indonesia pada tahun 2022. Tak sedikit di antaranya yang mampu mengimplementasi strategi-strategi pemasaran yang out of the box.

Penerima penghargaan Marketeer Of The Year 2021 adalah dr. Fathema Djan Rachmat, Sp.B, Sp.BTKV (K), MPH. selaku Presiden Direktur Pertamina Bina Medika. Kegigihan Fathema dalam mentransformasi jaringan rumah sakit ini dimulai dari membangun Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS) dalam One Solution System (OSS), sebuah layanan terintegrasi untuk mengakses data layaknya medical record agar mudah diakses oleh pasien.

Jejak inovasi transformasi digital Fathema berdampak pada pertumbuhan pendapatan Pertamedika yang meningkat hingga 323,3% dari Rp 188 miliar
menjadi Rp 796 miliar. Tak hanya soal digitalisasi, kiprah Fathema di Pertamedika juga diunggulkan dari upayanya membangun SDM yang berkualitas.

“Kami memiliki program EDP atau Executive Development Program, kami mengambil 50 yang terbaik dari manajer tengah dan kami juga mengambil 50 terbaik di level VP. Di sini, mereka dilatih untuk mengolah ide menjadi value. Merancang program kerja dan kami mendukung implementasi program tersebut.”, ujar Fathema pada bincang-bincang dengan Taufik selaku Deputy Chairman MarkPlus, Inc.

Prestasi Fathema sebagai MOTY 2021 mendapat apresiasi dari Hermawan Kartajaya, Founder dan Chairman MarkPlus, Inc. “Dibawah kepemimpinan Ibu Fathema, terlihat beliau bukan dokter biasa atau ASN biasa, tapi betul-betul kerja keras 24 jam. Juri tahun ini menunjuk Ibu Fathema menjadi juara umum setelah tahun lalu diperoleh oleh Bio Farma, memang kesehatan sedang memegang peran penting.” pungkas Founder & Chairman MarkPlus, Inc. Hermawan Kartajaya dalam pembukaan MarkPlus Conference 2022.

Lebih lanjut Hermawan menerangkan “Untuk pertama kalinya setelah 16 kali, juara umum nya adalah perempuan. Kami atur agar Bu Fathema berkenan bertemu dengan Menteri Bintang Puspayoga supaya menginspirasi wanita lain. Hari ini tak hanya Bu Fathema, ada Shandy juga dari MS Glow, dan harus lebih banyak perempuan kedepannya”, tambah Hermawan.

Prestasi ini menjadi berkesan atas terpilihnya wanita pertama pada Marketeer of The Year 2021 yang sebelumnya selalu dimenangkan oleh Marketeer pria. Seperti Vice President Director Yamaha Indonesia Dyonisius Beti, Founder and Chairman Trans Corp Chairul Tanjung, Dirut BRI Sofyan Basir, Dirut Garuda Indonesia Emirsyah Sattar, Dirut PLN Dahlan Iskan, Vice President Director Astra Honda Motor Johanes Loman, Dubes Indonesia di Amerika Serikat Dino Patti Djalal, Dirut Telkom Indonesia Arief Yahya, Dirut KAI Ignasius Jonan, CEO BCA Jahja Setiatamadja, Wakil President Direktur Pertamina almarhum Ahmad Bambang, CEO Telkomsel Ririek Adriansyah, Dirut BRI Suprajarto, Deputy CEO BCA Armand Hartono, dan CEO Bio Farma Honesti Basyir.

Seperti tahun sebelumnya, Best of The Best dari 16 penerima Award Best Industry Marketing Champion 2021 disebut Marketeer of The Year 2021. Pemilihan MOTY memiliki sistem yang unik, pemilihannya ditentukan oleh rapat dewan juri yang terdiri dari para pemenang sebelumnya, pengurus Indonesia Marketing Association (IMA), pengurus Indonesia Council for Small Business (ICSB), dan para eksekutif senior MarkPlus Inc. Adapun para pemenang MOTY sebelumnya yang menjadi dewan juri tahun ini terdiri dari Dahlan Iskan, Ignasius Jonan, Arief Yahya, Suprajarto, dan Armand Hartono.

MarkPlus Conference 2022 menghadirkan sejajar penghargaan lainnya seperti Immortal Marketeer Award 2021, MarkPlus Lifetime Achievement Award 2021, Entrepreneurial Marketing Minister Award 2021, The Industry Marketing Special Mention 2021, dan The Best Industry Marketing Champion 2021. Berikut daftar pemenang penghargaan di MarkPlus Conference 2022.

(Fadli)