Humas Setda Kota Bekasi Lakukan Penguatan Fungsi PPID dan Pengelolaan Medsos Pemerintah

0
3

KOTA BEKASI – MonitorIndo.com-Pemerintah Kota Bekasi melalui Humas Sekretariat Daerah Kota Bekasi, melakukan giat Penguatan PPID melalui Pembinaan untuk meningkatkan Pembuatan dan Penulisan Konten Media Sosial kepada admin PPID dari seluruh perangkat OPD dan BUMD yang ada di lingkungan Pemerintah Kota Bekasi

Kegiatan ini berlangsung selama dua hari secara _hybrid_, yakni pada tanggal 28–29 Maret 2022 yang berlokasi di Aula H. Nonon Shontanie dan di ruang Press Room Humas Sekretariat Daerah Kota Bekasi.

Para peserta kegiatan pembinaan, mendapatkan materi pembelajaran mengenai “Peningkatan Pembuatan dan Penulisan Konten Media Sosial Pemerintah” dari PPID Humas Setda Kota Bekasi.

Dalam sambutan-nya, Analis Humas Ahli Muda selaku Sub Koordinator Hubungan Dokumentasi Internal Humas Kota Bekasi Diah Setiyawati yang mewakili Kepala Bagian Humas Setda Kota Bekasi Sajekti Rubiah berpesan agar Admin bisa membuat konten – konten yang lebih menarik lagi dan juga narasi ataupun _caption_ menjadi lebih lengkap dan baik lagi.

“salah satu peran PPID utama itu adalah melakukan pembinaan PPID kepada PPID pembantu. Nah dalam hal ini salah satu fungsi humas juga yaitu terkait penyebarluasan informasi, tujuan kita media sosial itu kan sebagai salah satu media untuk publikasi tersebut.” Ujar Diah Setiyawati

“Kedepannya kita PPID Utama itu bukan hanya pelatihan media sosial saja yang kita harapkan, tapi kedepan juga ingin membina rekan – rekan admin ini supaya mampu membuat press release sendiri.” Lanjutnya.

Materi yang disampaikan, berisi seputar tata cara, etika, dan pedoman dalam melakukan pengelolaan konten untuk media sosial pemerintah. Para peserta yang hadir, juga diberikan kesempatan untuk bertanya kepada para narasumber mengenai teknis pengelolaan media sosial pemerintah.

Selain itu, dalam giat pembinaan ini, juga terdapat pelatihan dalam melakukan pengelolaan konten, baik itu penulisan _caption_ hingga pembuatan konten yang sesuai agar mendapatkan perhatian dari masyarakat. Pada kegiatan pelatihan ini, terdapat arahan dan bimbingan dari Humas Setda Kota Bekasi selaku penyelenggara acara.

Dengan adanya giat pembinaan kepada admin PPID dari seluruh perangkat OPD di Lingkungan Pemerintah Kota Bekasi, diharapkan para peserta dapat memahami dan mengaplikasikan penggunaan media sosial pemerintahan dengan baik agar informasi yang disampaikan dapat diterima dengan baik oleh Masyarakat Kota Bekasi.

Pada kesempatan kegiatan ini, turut hadir pula Kepala BKPSDM Kota Bekasi, Narasumber dari DISKOMINFOSTANDI, dan Tim Kreatif Humas Kota Bekasi.

(SH)