Dinas Pendidikan Kota Bekasi Gelar Lomba Video Pendek Dokumenter Tingkat SMP Se- Kota Bekasi

KOTA BEKASI – MonitorIndo.com-9/3/2022-Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bekasi melalui Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Informatika menggelar lomba Video Pendek Dokumenter untuk SMP Negeri dan Swasta di Kota Bekasi. Acara ini diadakan untuk menyambut HUT Kota Bekasi ke-25 yang akan jatuh pada 10 Maret 2022, serta bertujuan untuk menggali bakat peserta didik di bidang multimedia kreatif.

“Kegiatan yang baru pertama kali ini kami adakan alhamdulillah didukung oleh Plt. Wali Kota Bekasi, Tri Adhianto karena momennya bertepatan dengan HUT Kota Bekasi yang awalnya kami rencanakan kecil-kecilan saja, tapi beliau memberikan beberapa masukan, maka kami putuskan untuk membuka pendaftaran bagi seluruh SMP baik Negeri maupun Swasta se-Kota Bekasi,” ujar Krisman Irwandi selaku Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Bekasi.

Mengenai tema Video Dokumenter yang dilombakan, Tri Wahyuni Listyowati selaku Ketua MGMP Informatika SMP Kota Bekasi menuturkan, temanya adalah “Kota Bekasiku” yang memuat Tempat-Tempat Bersejarah di Kota Bekasi dimana video peserta lomba dari setiap sekolah ditayangkan melalui reels akun Instagram sekolah masing-masing. Setiap sekolah mengirimkan atau menayangkan karya dari satu tim yang terdiri dari maksimal 3 orang dan di dalam videonya mendeskripsikan satu tempat bersejarah dari 19 Tempat dan Bangunan Bersejarah di Kota Bekasi berdasarkan SK Wali Kota Bekasi Nomor: 430/Kep-321-Disparbud/VII/2018 Tentang: Penetapan Tempat dan Bangunan Bersejarah di Kota Bekasi.

Selain mengembangkan kreatifitas, Lomba Video Dokumenter juga bermanfaat untuk memberikan pengetahuan kepada masyarakat Kota Bekasi khususnya para peserta didik untuk dapat mengenal tempat-tempat bersejarah di Kota Bekasi.

“Seringkali Kota Bekasi dikenal sebagai kota modern atau kota metropolitan dengan segala kemajuannya, maka dari itu kami ingin melalui sosial media, dan melalui proses kreatifitas anak-anak, mereka dapat lebih mengenal tempat-tempat bersejarah di Kota Bekasi, tidak hanya melulu modernisasi-nya, tapi juga asal-usulnya,” tambah Tri Wahyuni.

Pendaftaran lomba ini dibuka mulai dari tanggal 10 sampai dengan 15 Maret 2022 tentunya para peserta harus berkreasi secara fair serta berkarya dengan orisinalitas masing-masing peserta.

“Kami membuka pendaftaran pada tanggal 10 sampai 15 Maret dengan masa unggah pada akun Instagram masing-masing sekolah tanggal 16 sampai 27 Maret. Video yang diajukan peserta, akan diseleksi oleh para juri yang melibatkan Humas Kota Bekasi, Dinas Pendidikan Kota Bekasi, dan Akademisi MGMP SMP Kota Bekasi yang rencananya akan diumumkan pada tanggal 30 Maret langsung oleh Plt. Wali Kota Bekasi,” ucap Tri Wahyuni.

Terakhir, seraya mengajak, Krisman Irwandi menyampaikan, “mari ikut serta dalam Lomba Video Dokumenter “Kota Bekasiku” untuk lebih mengenal sejarah Kota Bekasi dengan menyalurkan kreatifitas masing-masing di dalam sebuah video sekaligus bersama memperingati HUT Kota Bekasi yang kini sudah memasuki tahun perak, 25 tahun, serta junjung tinggi sportivitas,” pungkasnya.

(SH)